Seminar Fakta dan Prospek Karir Bidang IT

Event

Teknologi Informasi (TI) telah menjadi bagian dari kehidupan hampir semua lapisan masyarakat, tidak terkecuali para pelajar SLTA. Mereka mayoritas telah memiliki smartphone. Namun, apakah mereka mampu menggunakan TI itu dengan maksimal serta bagaimana mereka merancang masa depan setelah lulus sekolah nanti?

Pertanyaan tersebut yang oleh Program studi Sistem Informasi Universitas Narotama (UNNAR) mencoba dibahas dengan mengadakan seminar ”Fakta dan Prospek Karir Bidang IT serta Peran IT untuk Meningkatkan Pembelajaran” pada Kamis (27/8). Seminar ini diikuti oleh 95 siswa-siswi SMK di bidang IT. Dua pembicara yaitu Galuh Trianto Wibisono, S.Kom, MM (Disdik Kota Surabaya) dan Aryo nugroho, ST, S.Kom, MT (Co-Founder Catfiz).

Galuh Trianto Wibisono membahas TI untuk meningkatkan pembelajaran. Dia menjelaskan bahwa saat ini dunia pendidikan menghadapi dua tantangan, yaitu “borderless world” dunia yang semakin tanpa batas dengan adanya masyarakat ekonomi ASEAN yang harus dihadapi dengan meningkatkan kompetensi diri, salah satunya dengan memaksimalkan penggunaan TI dalam pembelajaran. Disdik telah banyak memberikan support dalam hal ini, di antaranya rapor online, perpustakaan online, penyediaan wifi di taman kota, aplikasi try out online dan banyak lagi. Tinggal apakah para siswa siap untuk menggunakannya secara maksimal.

Sedangkan Aryo nugroho memaparkan mengenai fakta dan prospek karir bidang IT (informasi teknologi). Begitu luas peluang yang ditawarkan untuk profesi bidang IT ini, begitu juga untuk mempelajari IT ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui lembaga formal seperti universitas atau dilakukan melalui lembaga non formal seperti lembaga pelatihan.

“Bidang IT ada sistem informasi, sistem komputer, teknik informatika, ilmu komputer, teknik manajemen jaringan, teknik elektro telematika, dan matematika komputasi,” para Aryo Nugroho yang juga dosen Sistem Informasi UNNAR. [IH]

Foto: Seminar ”Fakta dan Prospek Karir Bidang IT serta Peran IT untuk Meningkatkan Pembelajaran” berlangsung di ruang rapat gedung C, Kamis (27/8).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *